C1 Fisika Teknologi dan Rekayasa 2017
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Teknologi dan
Rekayasa
Program
Keahlian : Seluruh Program
Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh Kompetensi Keahlian
Mata
Pelajaran : Fisika
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisika pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika.
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting
dan notasi ilmiah pada bidang
teknologi dan rekayasa
|
4.1
Melakukan
pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat
serta mengikuti aturan angka penting.
|
8
|
3.2 Mengevaluasi gerak lurus dan gerak melingkar dengan kelajuan tetap atau percepatan tetap dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.2
Menyajikan hasil percobaan gerak
lurus dan gerak melingkar dalam bentuk grafik/tabel pada bidang teknologi dan
rekayasa.
|
12
|
3.3 Menganalisis gerak dan gaya dengan menggunakan
hukum-hukum Newton
|
4.3
Menggunakan
alat-alat sederhana yang berhubungan dengan hukum Newton tentang gerak.
|
8
|
3.4 Menganalisis hubungan usaha, energi, daya dan efisiensi
|
4.4
Menyajikan
ide/gagasan dampak keterbatasan sumber energi bagi kehidupan dan upaya
penanggulannya dengan energi terbarukan
|
8
|
3.5 Menerapkan konsep momentum, impuls dan hukum kekekalan
momentum
|
4.5
Mendemonstrasikan
berbagai jenis tumbukan
|
8
|
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, dan momentum sudut pada benda
tegar dalam bidang teknologi dan rekayasa
|
4.6
Melakukan percobaan
sederhana tentang momentum sudut dan rotasi benda tegar
|
8
|
3.7 Menganalisis kekuatan bahan dari sifat elastisitasnya
|
4.7
Menyelesaikan
masalah teknis dalam bidang teknologi terkait dengan elastisitas bahan
|
8
|
3.8 Menerapkan hukum-hukum yang berkaitan dengan fluida
statis dan dinamis
|
4.8
Melakukan percobaan sederhana yang berkaitan dengan hukum-hukum fluida
statis dan dinamis
|
12
|
3.9 Menganalisis getaran, gelombang dan bunyi
|
4.9
Menyajikan
penggunaan gelombang bunyi dalam teknologi. (Misalnya : dalam pengujian
menggunakan Non Distructive Testing)
|
8
|
3.10 Memahami teori bumi dan atmosfer pada teknik geomatika.*
|
4.10 Mendiskusikan teori bumi dan atmosfer terkait
dengan aplikasi pada teknik geomatika.*
|
4
|
3.11 Menganalisis proses pemuaian, perubahan wujud zat
dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan kalor.
|
4.11 Menggunakan alat sederhana dalam percobaan yang
berhubungan dengan kalor.
|
12
|
3.12
Menerapkan hukum-hukum termodinamika
|
4.12
Menunjukkan cara kerja alat sederhana yang
berhubungan dengan termodinamika.
|
8
|
3.13
Menerapkan
listrik statis dan listrik dinamis.
|
4.13
Melakukan
percobaan terkait listrik statis dan listrik dinamis
|
12
|
3.14
Menerapkan
hukum-hukum kemagnetan dalam persoalan sehari-hari.
|
4.14
Mendemonstrasikan
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet.
|
8
|
3.15
Menganalisis
rangkaian listrik arus bolak balik (AC).
|
4.15
Memecahkan
masalah teknologi yang berkaitan dengan listrik arus bolak balik (AC).
|
8
|
3.16
Menerapkan
sifat cermin dan lensa pada alat–alat optik.*
|
4.16
Merencanakan
pembuatan alat-alat optik sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan pada
cermin dan pembiasan pada lensa.*
|
8
|
3.17
Memahami
gejala radioaktivitas yang terkait dengan teknik geomatika.*
|
4.17
Menentukan
aplikasi radioaktivitas pada teknik geomatika.*
|
4
|
Jumlah
|
144
|
*digunakan bagi sekolah yang memiliki kompetensi
keahlian yang sesuai dengan KD tersebut.
Komentar