Yang Mempengaruhi Daya Adsorpsi





1. Jenis adsorbat
a. Ukuran molekul adsorbat Ukuran molekul yang sesuai merupakan hal penting agar proses adsorpsi dapat terjadi, karena molekul-molekul yang dapat diadsorpsi adalah molekul-molekul yang diameternya lebih kecil atau sama dengan diameter pori adsorben.
b. Kepolaran zat, Apabila berdiameter sama, molekul-molekul polar lebih kuat diadsorpsi daripada molekul- molekul tidak polar. Molekul-molekul yang lebih polar dapat menggantikan molekul-molekul yang kurang polar yang terlebih dahulu teradsorpsi.

2. Karakteristik adsorben
a. Kemurnian adsorben
Sebagai zat untuk mengadsorpsi, maka adsorben yang lebih murni lebih diinginkan karena kemampuan adsorpsi lebih baik.
b. Luas permukaan dan volume pori adsorben             Jumlah molekul adsorbat yang teradsorp meningkat dengan bertambahnya luas permukaan dan volume pori adsorben.
3. Tekanan (P), Tekanan yang dimaksud adalah tekanan adsorbat. Kenaikan tekanan adsorbat dapat menaikan jumlah yang diadsopsi. Tekanan (P), tekanan yang dimaksud adalah tekanan adsorbat. Kenaikan tekanan adsorbat dapat menaikan jumlah yang diadsopsi.
4. Temperatur absolut (T), Temperatur yang dimaksud adalah temperature adsorbat. Pada saat molek ul-molekul gas atau adsorbat melekat pada permukaan adsorben akan terjadi pembebasan sejumlah energi yang dinamakan pristiwa exothermic. Berkurangnya temperatur akan menambah jumlah adsorbat yang teradsopsi demikian juga untuk pristiwa sebaliknya.
Suhu absolut (T) adsorbat. Pada saat molekul-molekul gas atau adsorbat melekat pada permukaan adsorben akan terjadi pembebasan sejumlah energi yang dinamakan peristiwa exothermic. Berkurangnya suhu akan menambah jumlah adsorbat yang teradsopsi demikian juga untuk pristiwa sebaliknya.
5. Interaksi Potensial (E), interaksi potensial antara adsorbat dengan dinding adsorben sangat berfariasi, tergantung dari sifat adsorbat-adsorben.
Karakteristik adsorben yang dibutuhkan untuk adsorpsi :
- Luas permukaannya besar, sehingga kapasitas adsorpsinya tinggi
- Memiliki aktifitas terhadap komponen yang diadsorp.
- Memiliki daya tahan guncang yang baik
- Tidak ada perubahan volume yang berarti selama proses adsorpsi dan desorpsi.

Komentar

Postingan Terpopuler