C1 Simulasi dan Komunikasi Digital 2017
Mata
Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi
Digital
Aspek
|
Kurikulum 2013
|
Kurikulum 2013 (Perbaikan 2017)
|
Alasan
|
||
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total Jam
|
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total jam
|
||
A. Nama Mapel
|
Simulasi Digital
|
Simulasi dan Komunikasi Digital
|
KD dan lingkup materinya perlu ditelaah dan disesuaikan
terkait dengan keberadaannya sebagai mapel yang berlaku umum di seluruh
bidang keahlian serta perkembangan IPTEKS dan kebutuhan dunia kerja
|
||
B. Posisi Mapel
|
C2 Dasar Program Keahlian
|
C1 Dasar Bidang Keahlian
|
Berlaku untuk seluruh Bidang Keahlian yang ada di SMK
|
||
C. Waktu
|
|
|
|||
1.
Jumlah Jam
|
3 JP/18 Mg/2 Smt
|
108 JP
|
3 JP/18 Mg/2 Smt
|
108 JP
|
Tidak ada perubahan
|
2.
Durasi (berapa semester di semester berapa)
|
2 Semester di Kelas X
|
2 Semester di Kelas X
|
Tidak ada perubahan
|
||
D. Kompetensi Dasar (KD)
|
|
|
|
||
1.
Jumlah KD
|
13 Kompetensi Dasar
|
14 Kompetensi Dasar
|
Kompetensi yang ditambahkan merupakan kompetensi yang
urgen dan dibutuhkan di dunia kerja saat ini
|
||
2.
Materi KD
|
3.1 Memahami komunikasi dalam jaringan
(daring-online)
3.2 Menerapkan komunikasi daring (online)
3.3 Memahami
kelas maya
3.4 Menerapkan
pembelajaran melalui kelas maya
3.5 Memahami
presentasi video
3.6 Menerapkan presentasi video
untuk branding dan marketing
3.7 Memahami
simulasi visual
3.8 Menerapkan fitur
aplikasi pengolah simulasi visual tahap praproduksi
3.9 Menerapkan fitur
aplikasi pengolah simulasi visual tahap produksi
3.10
Menerapkan fitur aplikasi pengolah simulasi
visual tahap pascaproduksi
3.11
Memahami buku digital
3.12
Menerapkan format buku digital
3.13
Menerapkan publikasi buku digital
|
4.1 Menyajikan hasil pemahaman
tentang komunikasi dalam jaringan (daring-online)
4.2 Menyajikan hasil penerapan
komunikasi daring (online)
4.3 Menyajikan hasil pemahaman
tentang kelas maya
4.4 Menyajikan hasil penerapan pembelajaran melalui kelas maya
4.5 Menyajikan hasil pemahaman
tentang presentasi video
4.6 Menyajikan hasil penerapan
presentasi video untuk branding dan
marketing
4.7 Menyajikan hasil pemahaman
tentang simulasi visual
4.8 Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap
praproduksi
4.9 Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap
produksi
4.10 Menyajikan hasil penerapan fitur aplikasi pengolah simulasi visual tahap
pascaproduksi
4.11 Menyajikan hasil
pemahaman tentang buku digital
4.12 Menyajikan hasil penerapan format buku digital
4.13 Menyajikan hasil penerapan publikasi buku digital
|
3.1 Menerapkan logika dan
algoritma komputer
3.2 Menerapkan metode peta
minda
3.3 Mengevaluasi paragraf
deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
3.4 Menerapkan logika, dan
operasi perhitungan data
3.5 Menganalisis fitur yang
tepat untuk pembuatan slide
3.6 Menerapkan teknik presentasi
yang efektif
3.7 Menganalisis pembuatan
E-book
3.8 Memahami konsep Kewargaan
Digital
3.9 Menerapkan teknik
penelusuran Search Engine
3.10
Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam
jaringan.
3.11
Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran
kolaboratif daring
3.12
Merancang dokumen tahap pra-produksi.
3.13
Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik
digital.
3.14
Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau
musik digital
|
4.1 Menggunakan fungsi-fungsi
Perintah (Command)
4.2 Membuat peta-minda
4.3 Menyusun kembali format
dokumen pengolah kata
4.4 Mengoperasikan perangkat
lunak pengolah angka
4.5 Membuat slide untuk presentasi
4.6 Melakukan presentasi yang
efektif
4.7 Membuat E-book dengan
perangkat lunak E-book Editor
4.8 Merumuskan etika Kewargaan
Digital
4.9 Melakukan penelusuran
informasi
4.10 Melakukan komunikasi
sinkron dan asinkron dalam jaringan
4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran
kolaboratif daring (kelas maya)
4.12 Membuat dokumen tahap
pra-produksi
4.13 Memroduksi video dan/atau
animasi dan/atau musik digital
4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi
|
Sebelum dapat menerapkan
komunikasi daring (online) harus
dipahami fungsi dasar perintah pada sistem komputer
Memberikan pemahaman kepada
peserta didik tentang bagaimana membuat sebuah peta pemikiran (peta-minda)
dalam menerapkan berbagai aplikasi yang berkaitan dengan komunikasi daring (online)
Kompetensi ini berkaitan
dengan kompetensi sebelumnya dimana hasil dalam praktek peta-minda
diimplementasikan dalam sebuah format dokumen
Kompetensi yang lebih
menekankan kepada pemahaman pengolahan data
Kompetensi ini berkaitan
juga dengan KD 3.2/4.2 dan KD 3.3/4.3 yang diaplikasin penerapannya pada
sebuah presentasi
Kompetensi ini berkaitan
dengan KD 3.5/4.5 dan lebih ditekankan bagaimana menyajikan sebuah presentasi
yang baik
Kompetensi ini berkaitan
dengan KD 3.2/4.2 dan KD 3.3/4.3 yang lebih penekannya kepada bagaimana
membuat sebuah dokumen yang akan digunakan dalam pembelajaran secara daring (online)
Kompetensi ini diperlukan
sebagai dasar-dasar etika dalam berkomunikasi secara daring (online)
Search engine merupakan salah satu aplikasi dalam komunikasi daring
(online). Kompetensi ini berkaitan
dengan bagaimana mencari sebuah informasi berdasarkan etika-etika yang
berlaku sehingga ada keterkaitan dengan KD 3.8/4.8
Pada kurikulum 2013 sebelum
perubahan 2017, KD ini berada pada KD 3.1. Pada kurikulum 2013 perubahan
2017, ditempatkan pada KD 3.10/4.10 setelah peserta didik memahami KD
sebelumnya yang merupakan dasar-dasar untuk dapat melakukan komunikasi daring
(online)
Kompetensi ini berkaitan
dengan kompetensi sebelumnya yaitu KD 3.10/4.10 yang menekankan pada
penggunakan aplikasi daring (online)
dalam pembelajaran. Pada kurikulum 2013 sebelum perubahan, KD 3.11/4.11 ini berkaitan
dengan buku digital, sedangkan buku digital merupakan salah satu konten yang
tersedia dalam sistem daring (online)
maupun luring (offline)
Kompetensi ini berkaitan
dengan bagaimana membuat sebuah dokumen perencanaan sebuah produksi yang akan
diterapkan secara daring (online)
maupun luring (offline).
Kompetensi tambahan pada
kurikulum 2013 perubahan 2017 yang menekankan kepada pemahaman tentang
produksi video/animasi/musik digital
Kompetensi ini berkaitan
dengan kompetensi 3.14/4.14 yang berkaitan bagaimana hasil produksi bisa
dipublikasikan secara daring(online)
maupun luring (offline)
|
Komentar