C1 Kimia Teknologi Rekayasa 2017
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Teknologi
Rekayasa
Program
Keahlian : Semua Program
Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Semua Program Keahlian (3 tahun)
Mata
Pelajaran : Kimia
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian kimia teknologi rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian kimia teknologi rekayasa
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menganalisis
perubahan materi dan
pemisahan campuran dengan
berbagai cara
|
4.1
Melakukan pemisahan campuran melalui praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya
|
9
JP
|
3.2 Menganalisis lambang unsur,
rumus kimia dan persamaan reaksi
|
4.2 Mengintegrasikan penulisan
lambang unsur dengan rumus kimia pada persamaan reaksi kimia berdasarkan
kasus-kasus dalam kehidupan sehari-hari
|
9
JP
|
3.3
Mengkorelasikan struktur atom berdasarkan konfigurasi elektron untuk menentukan letak
unsur dalam tabel periodik
|
4.3 Menentukan
letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron
|
9
JP
|
3.4
Menganalisis
proses pembentukan ikatan kimia pada beberapa senyawa dalam
kehidupan sehari hari
|
4.4 Mengintegrasikan proses pembentukan ikatan kimia pada beberapa senyawa dalam kehidupan
sehari hari dengan elektron
valensi atom atom penyusunnya
|
9
JP
|
3.5
Menerapkan
hukum-hukum dasar kimia dalam perhitungan kimia
|
4.5 Menggunakan hukum-hukum dasar kimia dalam
perhitungan kimia
|
9
JP
|
3.6
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam
basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
4.6 Membandingkan sifat sifat
larutan melalui praktikum
berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa
kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
15
JP
|
3.7
Menentukan bilangan oksidasi unsur untuk
mengidentifikasi reaksi oksidasi dan reduksi
|
4.7 Membandingkan
antara reaksi oksidasi dengan reaksi
reduksi berdasarkan hasil perhitungan bilangan oksidasinya
|
9
JP
|
3.8
Mengevaluasi
proses yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel
eletrolisa, proses pelapisan logam) yang digunakan dalam kehidupan
|
4.8 Mengintegrasikan antara hasil
perhitungan E0 sel dengan proses
yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel eletrolisa, proses
pelapisan logam) reaksi yang digunakan dalam kehidupan
|
12
JP
|
3.9
Menganalisis
struktur, sifat senyawa hidrokarbon serta dampak pembakaran senyawa
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
|
4.9 Mengatasi dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap
lingkungan dan kesehatan berdasarkan hasil analisis struktur,
sifat senyawa hidrokarbon
|
12
JP
|
3.10
Menganalisis
proses teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
|
4.10 Mempresentasikan proses teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
|
6
JP
|
3.11
Menganalisis struktur, tata nama, sifat,
penggolongan dan kegunaan
polimer
|
4.11 Mengintegrasikan kegunaan polimer
dalam kehidupan sehari hari dengan struktur, tata nama, sifat, penggolongan polimer
|
9
JP
|
Total Jam Pelajaran
|
108
|
Komentar